Posts Subscribe comment Comments

MENGUBAH FIREFOX DARI ABOUT:CONFIG


Selain penambahan ekstension, anda juga bisa mengubah konfigurasi Firefox secara menyeluruh. Untuk mengakses bagian internal Firefox, ketik abou:config pada address bar dan kemudian tekan Enter. Anda akan melihat daftar item konfigurasi Firefox. Konfigurasi yang telah diubah oleh user dicetak tebal dengan status user set. Banyak dari opsi tersebut dikonfigur ketika proses instalasi, tapi bisa anda mengubahnya sesuai keinginan.


Ketika membuka halaman konfigurasi, anda akan melihat boks Filter yang bisa digunakan untuk mencari item tertentu. Ini membuat pencarian item jadi lebih mudah dibanding harus menggulung-gulung daftar yang panjang tersebut. Untuk menggunakan Filter, ketik seluruh atau sebagian nama item pada boks dan kemudian tekan Enter. Sekarang setelah mengetahui tool untuk mengedit konfigurasi kita bisa mulai mengatur Firefox. Sebagai contoh di sini, kita akan ubah beberapa setting di dalam about:config; jangan lupa bahwa ada banyak sekali setting di sini. Perlu diwaspadai bahwa beberapa setting bisa membuat perilaku Firefox menjadi tak terduga.



Item Apa yang Akan Ditampilkan About:Config ?


Ketika membuka halaman about:config, anda akan melihat kolom Preference Name, Status, Type, dan Value. Preference Name menampilkan nama item, Status menampilkan status item ( Firefox akan mengubahnya ke user set jika nilainya telah diubah oleh user ), Type menampilkan tipe data item, dan Value menampilkan nilai item ketika menjadi item, anda hanya mengedit bagian nilai dari masing-masing opsi. Hampir semua item bisa dimodifikasi. Anda juga bisa menambahkan item ke about:config.


Cara paling mudah untuk mengenal konfigurasi yang digunakan oleh browser adalah dengan mengubah item eksisting. Setting yang terdapat pada menu tools, Options juga bisa dikonfigurasi dari about:cnfig. Sebagai contoh, mari kita ubah halaman start dari dari about:config supaya mengarah ke http://www.pcmedia.co.id.


Pertama, buka about:config dan kemudian ketik kata “ startup “ pada boks Filter dan kemudian tekan Enter. Firefox akan menampilkan semua item yang pada namanya terdapat kata “ startup “, item untuk homepage adalah browser.startup.homepage. untuk mengubahnya ke situs PC Media, klik ganda item dan pada kotak dialog yang muncul, ketik “ http://www.pcmedia.co.id “, dan kemudian klik OK.


Beberapa perubahan sperti homepage segera berlaku, tapi beberapa perubahan lain mungkin mengharuskan anda untuk me-restart Firefox. Firefox tidak akan memberitahu apakah anda perlu melakukan restart atau tidak supya perubahan tersebut berlaku.



Startup Beberapa Homepage


Kita bisa memanfaatkan kamampuan browsing tab Firefox utnuk membuka beberapa homepage ketika browser dibuka atau ketika tombol Home diklik. Untuk membuka beberapa homepage, masukkan URL halaman yang ingin anda buka pada browser.startup.homepage, dipisahkan dengan garis lurus ( | ). Sebagai contoh di sini, kita masukkan http://www.mozilla.com | http://google.com | http://www.pcmedia.co.id. Firefox akan membuka tiga tab ketika dijalankan.



Mematikan Kotak Konfirmasi Ketika Menutup Browser


Mengubah halaman start merupakan contoh yang cukup mudah; ada banyak opsi yang jauh lebih kompleks di sini. Ketika melihat daftar anda bisa mengetahui fungsi suatu item dari namanya. Dari contoh kita sebelumnya, browser.startup.homepage berisi halaman yang dibuka ketika browser dijalankan.


Contoh lain adalah browser.tabs.warnOnClose. item ini berfungsi intuk menyalakan atau mematikan kotak dialog konfirmasi, yang tampil ketika menutup browser dengan beberapa tab. Secara default, Firefox akan meminta konfirmasi ketika anda menutup jendela yang berisi beberapa tab. Dari about:config anda bisa mematikannya.


Perhatikan bahwa pada kotak dialog terdapat check box yang bisa anda centang supaya Firefox meminta konfigurasi dulu sebelum anda menutup jendela dengan beberapa tab. Firefox tidak akan meminta konfirmasi jika check box tersebut tidak dicentang , atau ketika status browser.tabs.warnOnClose diset ke false.


About:config juaga berisi setting yang tidak selau langsung terlihat oleh user. Ada opsi untuk mengeset scrolling roda mouse, path ke editor eksternal yang digunakan oleh Firefox, atau bahkan mengeset masa berlaku password: semua setting tersebut dan banyak lagi bisa diedit oleh user.

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Jangan Cuma Baca!!! Tapi Berikanlah Komentar, Karena Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Saya!!!!